Jumat, 18 Juni 2010

Mouseless, Mouse yang Tak Kelihatan Fisiknya

Sebagian besar mouse komputer yang ada tidak berubah dalam dekade terakhir. Namun, baru-baru ini, berbagai teknologi multitouch interaksi gerak telah dieksplorasi sebagai sarana untuk mengimplementasikan metode alternatif untuk berinteraksi dengan komputer. Meskipun terdapat kemajuan dalam teknologi komputerhardware, mouse komputer dengan dua tombol tetap menonjol sarana untuk berinteraksi dengan komputer. 

Penemuan Mouseless baru ini menghilangkan kebutuhan fisik mouse, benar-benar natural namun tetap memberikan interaksi intuitif dengan mouse fisik seperti layaknya mouse yang sering dipakai.

Mouseless terdiri dari sinar laser dari laser inframerah (IR) dan kamera inframerah. Baik laser IR dan kamera IR telah tertanam di komputer. Modul sinar laser yang dimodifikasi dengan satu line cap dan ditempatkan sedemikian rupa sehingga menciptakan sebuah pesawat IR laser tepat di atas permukaan yang duduk di komputer Anda. Pengguna menelungkupkan tangannya seperti ‘, seperti ketika memegang mouse yang memiliki bentuk fisik di bawah tangan dan cahaya sinar laser menyinari tangan yang terhubung dengan permukaan, seperti meja. Kemudian camera IR akan mendeteksi kumpulan cahaya terang IR menggunakan visi komputer. Perubahan posisi dan pengaturan tempat ini ditafsirkan oleh kumpulan cahaya tersebut yang diintepretasikan sebagai pergerakan cursor mouse dan klik mouse. 

Ketika pengguna menggerakkan tangannya, maka cursor di layar akan ikut bergerak sesuai arah. Ketika pengguna menekan dengan jarinya, maka jumlah kumpulan cahaya laser akan berubah dan camera akan mengidentifikasi klik mouse yang dibuat user tersebut. Kami telah menerapkan sistem kerja prototipe yang berfungsi penuh 'Mouseless', dengan biaya pembangunannya sekitar $20.


Sumber : http://www.beritanet.com/Hardware/Hardware/Mouseless-Mouse.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar