Rabu, 05 Januari 2011

'Ngopi' Tingkatkan Kinerja Otak

KOPI memang kerap kali disebut sebagai minuman yang tak baik buat kesehatan. Tapi, kopi masih menjadi minuman andalan di pagi hari. Itu karena penikmat kopi memetik manfaat positif dari minuman tersebut seperti lebih bersemangat dan mudah berkonsentrasi. Sehingga, memori bisa bekerja dengan lebih baik.

Namun keuntungan ini ternyata tidak bisa didapat dari sembarang minum kopi, apalagi dari minum kopi kental yang sangat pahit. Peneliti University of Barcelona, Spanyol, menemukan kombinasi kafein dan gula mampu meningkatkan performa otak.

Kafein memang mampu merangsang kerja otak. Namun, hasil optimal bisa didapat jika kopi dikombinasikan dengan gula.

Hasil penemuan itu didapat dari brain scanning pada 40 sukarelawan setelah mereka mengonsumsi kopi dengan gula, kopi tanpa gula, gula itu sendiri, dan juga air tawar. Para peneliti melakukan MRI scan pada otak pasien ketika mereka mengerjakan tugas standar untuk menguji tingkat perhatian dan kerja memori mereka.

Hasilnya, minum kopi bergula adalah persiapan otak yang baik untuk menghadapi hari-hari sibuk. Menurut seorang peneliti, Josep Serra Grabulosa, gula dan kopi meningkatkan performa kognitif. Caranya dengan meningkatkan efisiensi bilateral parietal cortex dan left prefrontal cortex yang bertanggung jawab pada konsentrasi dan kerja memori otak.

Bagaimana dengan mereka yang minum kopi pahit sambil menikmati gula-gula? Diperkirakan keuntungan yang didapatkan juga akan sama dengan mereka yang menikmati kopi bergula


Tidak ada komentar:

Posting Komentar