Selasa, 23 Maret 2010

Pengertian Akuntasi

Bidang kegiatan akuntasi yang dewasa ini semakin berkembang mengakibatkan pengertian akuntansi bergantung pada sudut pandang mana penekanannya. American Accounting Association mendefinisikan akuntasi sebagai proses identifikasi, pengukuran dan komunikasi informasi ekonomi untuk memungkinkan pembuatan pertimbanga-pertimbangan dan keputusan-keputusan oleh para pemakai informasi tersebut.

Pengertian akuntansi di atas menekan kepada fungsi dari kegiatan akuntasi sehingga dapat disimpulkan sebagai berikut:
a. Dipandang dari sudut fungsi atau kegunaannya, akuntansi merupakan aktivitas jasa yang menyediakan informasi pentinguntuk penilaian jalannya perusahaan, sehingga memungkinkan pimpinan (manajemen) perusahaan atau pihak-pihak diluar perusahaan membuat pertimbangan-pertimbangan dan mengambil keputusan ekonomi yang tepat.
b. Dipandang dari sudut kegiatannya (prosesnya), akuntansi adalah suatu proses yang meliputi identifikasi, (penentuan), pengukuran dan penyampaian informasi ekonomi.

Informasi ekonomi yang dihasilkan proses akuntasi merupakan ikhtisar data transaksi keuangan perusahaan yang terjadi selama suatu periode tertentu. Oleh karena itu sasaran (obyek) kegiatan akuntasi ialah transaksi yang bersifat financial (keuangan), atau transaksi yang pengaruhnyadapat diukur dengan satuan uang.

Transaks keuangan yang terjadi dalam perusahaan selama periode tertentu tidak hanya satu kali atau hanya satu jenis transaksi, tetapi terdiri atas bermacam-macam transaksi yang terjadi berulanga-ulang. Oleh karena itu, semua data transaksi keuangan yang terjadi dalam suatu periode tertentu harus diproses, sehingga, menjadi data yang lebih sederhana dan lebih berguna bagi pihak-pihak yang memerlukan data tersebut. ringkasan proses itulah yang merupakan kegiatan akuntansi dalam menjalankan fungsinya, yaitu menyediakan informasi keuangan perusahaan bagi semua pihak yang memerlukan.

Dalam pelaksanaannya , transaksi keuangan perusahaan yang terjadi dalam suatu periode tertentu diproses melalui tahap-tahap kegiatan sebagai berikut.
a. pencatatan (recording)
b. penggolongan (classification)
c. pengikhtisaran (summarizing)
d. penyusunan laporan (reporting)

Dari uraian diatas dapat disimpulkan bahwa dipandang dari sudut prosesnya atau dalam arti sempit, akuntansi adalah suatu proses yang meliputi: pencatatan, penggolongan, pengikhtisaran, dan pelaporan transaksi keuangan perusahaan yang terjadi dalam suatu periode tertentu. Sementara dalam ruang lingkup yang lebih luas, kegiatan akuntansi juga meliputi perencanaan sistem, analisis laporan keuangan serta interpretasi (penafsiran) pengaruhnya terhadap kegiatan operasi perusahaan di masa datang.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar